Image

Kuliah Kerja Nyata (KKN) TAHUN 2022

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu kegiatan yang tercantum dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam ranah pengabdian kepada masyarakat. KKN Reguler merupakan KKN yang dirancang melalui tema Merajut Asa & Mewujudkan Karya Ditengah Masyarakat Desa Ayo Bangkit dari Keterpurukan Pasti Kita Bisa. Waktu pelaksanaan sesuai dengan kalender akademik. Pelaksanaan KKN bermula dari proses sosialisasi, pendaftaran, pembekalan dan pengelolaan secara sistematis pada saat berada di lapangan. Seluruh rangkaian kegiatan tersebut diatur sedemikian rupa, sehingga tujuan dari kegiatan KKN dapat berjalan sesuai dengan visi dan misi lembaga (STKIP Pasundan).

KKN ialah bentuk pengabdian secara nyata dari mahasiswa kepada masyarakat melalui pengembangan dan pemahaman ilmu yang telah dipelajari selama di bangku perkuliahan, mengaplikasikan keilmuan tersebut serta kemampuan bersosialisasi langsung dengan masyarakat akan memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi seluruh peserta KKN. Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa dapat memberikan sumbangsih berupa ide maupun gagasan serta kebaruan (inovasi) bagi masyarakat di wilayah yang akan ditempatinya kelak. Sinergi antara masyarakat, mahasiswa, dosen dan LPPM diharapkan dapat memberikan kontribusi dan membangun wilayahnya untuk jauh lebih baik serta memiliki daya saing yang tinggi di era global seperti layaknya kini.

TUJUAN KKN

  • Mewujudkan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat.
  • Membantu mahasiswa dalam mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah dipelajari secara langsung, sehingga memberi manfaat kepada masyarakat.
  • Melatih mahasiswa belajar bersama masyarakat untuk berpartisipasi dan berkontribusi dalam pembangunan.

Tema KKN 2022

Merajut Asa dan Mewujudkan Karya di tengah Masyarakat Desa.

Ayo bangkit dari Keterpurukan.

Kita pasti bisa!

LOKASI KKN di KECAMATAN IBUN

Desa Lokasi KKN :

  • Desa Ibun
  • Desa Mekarwangi
  • Desa Laksana
  • Desa Neglasari

Alhamdulillah Pelaksanan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa STKIP Pasundan tahun 2022 yang dimulai dari tanggal 25 Juli – 25 Agustus tahun 2022 berjalan dengan baik dan lancar. Ini semua terlaksana atas kerjasama yang baik dari berbagai pihak yang terlibat Unsur Pimpinan STKIP Pasundan, LPPM STKIP Pasundan, Panitia KKN, Dosen Pembimbing Lapangan, Aparatur Kecamatan Ibun, Aparatur Desa (Ibun, Mekarwangi, Lakasana, Neglasari), Masyarakat Sekitar Tempat KKN, Serta Mahasiswa STKIP Pasundan sebagai peserta KKN.

Pembukaan KKN STKIP Pasundan tahun 2022 juga dibuka langsung oleh Wakil Bupati Kabupaten Bandung (H Sahrul Gunawan SE) yang didampingi oleh Sekretaris Kecamatan Ibun, Unsur Pimpinan STKIP Pasundan Ketua STKIP Pasundan (Dr. Dedi Supriadi, M.Pd., AIFO.), Para Wakil Ketua 1, 2, dan 3, Kaprodi, Sekprodi (PJKR, PPKn, Pendidikan Bahasa Inggris), serta Kepala LPPM STKIP Pasundan (Dr. Ridha Mardiani, M.Pd.)